ChaTh@Bie

Maka nikmat tuhanmu yang manakah yang kau dustakan

Selasa, 04 Oktober 2011

KEHAMILAN dan PERAWATAN BAYI


 
          Seorang anak merupakan suatu dambaan bagi setiap pasangan suami-istri. Kehadirannya dapat menyatukan segalanya. Kehadiran seorang anak melalui tahapan yang sangat panjang, tentunya ia akan hadir setelah prosesi pernikahan yang sakral selesai dilaksankan oleh dua insan yang berbeda jenis. Tahapannya meliputi pertemuan antara sperma yang dihasilakn oleh suami dan sel telur yang dihasilakn oleh istri. Setelah sperma dan sel telur mengalami fertilisasi maka akan berubah menjadi zigot, zigot berubah menjadi embrio dan embrio akan berubah menjadi  janin. Janin akan tumbuh dan berkembang selama 40 minggu atau 9 bulan dalam rahim seorang ibu.
          Seorang wanita yang baru hamil, dapat mengalami tanda-tanda yang aneh pada tubuhnya. Diantaranya demam, pilek, batuk, dll. Jika hal ini mencul segeralah bawa ibu pada bidan kepercayaan anda untuk diperiksa, apakah ibu positif hamil atau tidak. Biasanya bidan akan menggunakan tesped yang mengandung HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang akan dideteksi pada urin ibu. Hormon HCG akan aktiv jika didalam tubuh wanita telah mengalami fertilisasi. Dan akan dapat dideteksi dengan tesped setelah 7 hari pembuahan. Jika urin telah dideteksi dengan tesped, dan menunjukkan 2 garis berwarna merah maka dapat dipastikan seoranag ibu positif hamil.
          Jika seorang ibu sudah positif hamil, jaga dengan baik janin yang ada dalam kandungan. Diantaranya jangan terlalu kecapean, hindari benturan denga perut, jangan sering mengendarai motor karena dapat menimbulkan goncangan, jangan makan dan minum yang mengandung alkohol atau gas. Menurut kabar yang berkembang di masyarakat usia kehamilan 0-4 bulan sangat rentan untuk gugur, jadi hati-hati dalam masa ini. Biasanya bidang akan memberikan buku petunjuk dan kontrol ibu dan bayi. Pemeriksaan terhadap ibu hamil dilakukan 1 bulan sekali pada usia kandungan 1-6 bulan, dan 2 kali dalam sebulan jika sudah memasuki usia kandungan 7-9 bulan, dan mendekati tanggal prediksi persalinan pemeriksaan dilakukan setiap minggu. Kecuali ada gejala yang up normal segera periksakan pada bidan atau dokter.
          Dalam masa kehamilan jaga pola makan yang baik. Jalankan yang dianjurkan dokter untuk mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Jika perlu konsumsi susu suplemen untuk ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan menjaga pertubuhan janin serta kesehatannya. Jika ibu memiliki badan yang gemuk atau memiliki kandungan yang lemah, disarankan jangan terlalu banyak beraktivitas dan banyak beban pikiran, mintalah nasehat bidan atau dokter, jika perlu minta obat penguat kandungan.
          Suatu adat yang berkembang dimasyarakat, apabila usia kehamilan sudah 4 bulan maka akan diadakan selametan kandungan atau yang  dikenal walimatul hamli. Hal ini dimaksudkan, karena diusia ini Allah SWT akan meniupkan roh pada janin yang ada pada rahim ibu. Maka dari itu upayakan untuk memberikan do’a terbaik untuk calon anak. Suatu misal undang para Kiyai dan masyarakat untuk mendo’akan calon anak, adakan tahtimul qur’an, banyak bersodaqoh, dan tidak kalah pentingnya do’a dari kedua orang tua si bayi. Hal ini dapat dibuktikan, biasanya setelah usia 4 bulan atau setelah mengadakan walimatul hamli, bayi yang ada dalam kandungan, biasanya akan mulai bergerak. Jadi dari sini dapat dibuktikan bahwa pada usia kandungan 4 bulan, Allah SWT akan meniupkan roh kedalam jasad bayi. Disamping itu kebiasaan orang desa, pada usia kehamilan memasuki 7 bulan akan diadakan selamatan lagi, hal ini bertujuan untuk mendo’akan ibu agar diberikan kemudahan dalam melahirkan dan diberikan keselamatan serta kesehatan pada ibu dan anak.
          Calon orang tua dapat mengontrol perkembangan bayi yang ada dalam rahim dan dapat melihatnya dengan jelas melalui USG (Ultra Sono Grafi). Bagi yang mampu dapat melaksakan USG dari usia kehamilan 1 bulan sampai 9 bulan, dan bagi yang kurang mampu kami sarankan untuk USG pada usia kehamilan 6,5 bulan atau 7 bulan. Karena pada saat usia itu pertumbuhan badan bayi sudah lengkap dan alat kelaminnya sudah dapat diamati oleh dokter, sehingga kita bisa tau kondisi anak kita. Dan biasanya pada usia kandungan ini, dokter menyarankan untuk mengsumsi vitamin dan DHA untuk perkembangan bayi agar sehat dan cerdas.
          Lakukan secara rutin dan teratur untuk melaksanakan jalan pagi pada usia kehamilan mendekati persalinan. Akan tetapi lihat situasi cuaca dulu, jangan terlalu pagi karena udara masih berat untuk pernapasan dan carilah udara yang segar dan bersih. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan ibu dan calon anak, dan rumor yang berkemabang dimasyarakat jalan pagi dapat mempermudah proses persalianan seorang ibu. Dan minum air kelapa muda dapat menjadikan bayi bersih saat persalinan.
          Sebagian besar dimasyarakat pedesaan, jika usia kehamilan sudah 7 bulan banyak yang menyarankan calon ibu untuk pijat kandungan pada dukun, hal ini dimaksudkan untuk menjaga posisi bayi agar stabil dan normal. Tapi banyak dokter yang “melarang” untuk melakukan pemijatan terhadap ibu hamil, hal ini mungkin dikhawatirkan pemijatan dapat menciderai bayi, sehingga bayi tidak tumbuh dengan normal. Maka dari itu terserah anda sekalian para calon orang tua. Jika diputuskan untuk pijat, carilah dukun yang benar-benar mengerti tentang kehamilan.
          Jika usia kandungan sudah mendekati 9 bulan atau 38 minggu usahakan untuk melakukan USG atau konsultasi kedokter, sehingga kita bisa memperkirakan kapan waktu persalinan. Yang kami alami tanggal yang diprediksikan dokter tepat dengan waktu persalinan. Dan katanya prediksi persalianan melalui USG cukup akurat. Sehingga kita  dapat mempersiapakan segala sesuatu untuk proses persalian. Sebagai referensi nih, yang kami persiapkan untuk persalinan sebagai berikut: sarung 5 buah, handuk ibu dan anak, baju ibu dan anak, sabun bayi, minyak telon, bedak, kedung (kain untuk membungkus bayi), dan bagi yang berminat jangan lupa kamera untuk memvialisasikan bayi anda yang baru lahir. Masukkan semua perlengkapan tersebut pada sebuah tas. Tapi jangan lupa lakukan itu semua jika waktu persalin yang diprediksikan dokter sudah dekat. Misalnya 7 hari sebelum tanggal prediksi persalinan. Sehingga pada waktu persalinan, kita tidak bingung-bingung untuk mencari barang kebutuhan persalinan.
          Gejala yang muncul pada ibu yang akan melahirkan ditandai dengan sakit perut yang teratur dan ditandai keluarnya cairan dari tempat keluar banyi. Jika hal ini terjadi segera bawa ibu ke bidan atau dokter terdekat. Tanyakan pada bidan atau dokter, apakan ibu sudah mengalami pembukkan pintu lahir, dan kapan prediksi persalinannya. Biasanya jarak pembukaan pintu jalan bayi berselang 4 jam sekali, akan tetapi tergantung juga terhadap konsidi si ibu bisa lebih cepat atau lebih lambat. Biasanya pembukaan pintu bayi dimulai dari pembukaan 1 sampai dengan 10. Pada saat pebukaan 8, air ketuban akan pecah, hal ini berarti bayi akan mulai keluar.
          Pada saat proses melahirkan akan lebih nyaman dan tenang jika hanya suami dan orang tua serta bidang atau dokter yang menemani ibu yang akan melahirkan. Karena hal ini dapat mempengaruhi kondisi mental ibu. Dan hal yang paling baik dan terpenting motivasi dari sang suami yang dibutuhkan oleh ibu. Serta jangan lupa untuk banyak berdo’a.

0 komentar:

Posting Komentar