ChaTh@Bie

Maka nikmat tuhanmu yang manakah yang kau dustakan

Selasa, 11 Oktober 2011

PEMBANGKIT LISTRIK ALTERNATIF


             Energi listrik memang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. disini penulis mencoba untuk menguraikan sedikit pengetahuan tentang listrik.
Energi listrik merupakan energi yang tersimpan dalam muatan yang bergerak. Energi ini banyak dimamfaatkan sebagai sumber energi dari alat-alat elektronik yang selama ini banyak membantu kita dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, mulai dari penerangan, memasak, mencuci, nonton televisi, mendengarkan musik, dan pembuatan artikel ini pun memerlukan listrik. Jadi dapat disimpulkan sebagian besar dari kebutuhan hidup kita sekarang membutuhkan energi listrik.
Yang menjadi permasalahan sekarang, cadangan energi listrik milik PLN sudah semakin berkurang. Sebagai contoh ditahun 2008 kemaren pemerintah telah melakasanakan pemadaman bergilir diseluruh pelosok tanah air. Hal ini disebabkan karena pruduksi energi listrik milik PLN sudah tidak memcukupi untuk melayani konsumsi energi masyarakat.
Kita telah mengetahui ada beberapa pembangkit listrik yang kita miliki. Misalnya PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) dimana pembangkit tersebut menitik beratkan pada bahan bahar batu bara. Padahal telah kita ketahui bahwa batu bara tersebut tidak dapat diperbaharui. Walaupun batu bara sudah tersedia di Alam, akan tetapi jika diambil terus-tersuan lama-kelamaan akan musnah juga. Padahal proses pembuatan batu bara itu terjadai secara alami dalam kurun waktu ratusan tahun. Umur hidup kita di Bumi takkan cukup menunggu batu bara tersebut. Jika batu bara kita gunakan terus-menerus, Bagaimana dengan nasib anak-cucu kita nanti. Mungkinkah masih ada PLTU?
Begitu juga dengan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), Bagaimana jika mata air bumi sudah tidak bias diproduksi dengan jumlah yang besar. Suatu missal ketika musim kemarau yang panjang. Sementara itu disisi lain pohon-pohon di hutan sudah banyak yang gundul sebagai akibat tangan-tangan manusi yang tidak bertanggung jawab
Dari beberapa pimikiran diatas, saya berpikir kenapa kita tidak mencari energy alternatif dan memamfaatkan apa yang berpotensi di alam. Suatu misal, Matahari adalah sumber energi terbesar di alam semesta. Jika kita lihat dinegara luar, atap rumah-rumah penduduk sudah banyak yang menggunakan solar cell / sel surya bukan menggunkan genteng atap seng. Sel surya yang mereka gunakan dapat menghasilkan energy listrik dari cahaya matahari. Sehingga dapat dimungkinkan setiap rumah mempunyai pembangkit listrik sendiri.
Sekarang sel surya telah banyak dikembangkan pada berbagai perangkat elektronik dan motor. Suatu misal sel surya digunakan sebagai sumber energy pada Kalkulator, Hand Phone, Jam, Motor Listrik dan masih banyak yang lainnya.
Pada dasarnya listrik itu dapat kita hasilkan dari sebuah dinamo atau generator. Kita bisa membuat pembangkit listrik sendiri, jika kita telah memiliki dinamo atau generator tersebut. Yang menjadi permasalahan sekarang, bagaimana cara kita menggerakkan dinamo tersebut? Dalam hal ini kita dapat memamfaatkan potensi alam.
Konsep pembuatan dinamo atau generator pada dasarnya mudah. Prinsipnya dinamo terdiri atas dua bahan pokok yaitu kumparan/lilitan/selenoida dan magnet. Semakin banyak kumparan yang kita buat semakin besar pula energi listrik yang kita hasilkan.
Apabila dinamo telah kita siapkan dan kita telah mempunyai ide untuk menggerakkan dinamo tersebut. Maka langkah selanjutnya yang harus kita pikirkan, Bagaimana caranya kita menampung energi listrik yang dihasilkan oleh dinamo? Energi tersebut dapat kita simpan/tamping di kapasitor/elco, batrey atau akumulator. Jadi jika kita buat konsepnya sebagai berikut: Dinamo -- Penggerak -- Kapasitor -- Radio dan tentunya dihubungkan dengan kabel.
Jadi kita dapat membuat energy alternative sendiri bukan? Tapi sempat terpikirkan oleh saya. Jika kita cermati kembali, listrik itu dapat kita bedakan menjadi dua yaitu listrik statis dan dinamis. listrik dinamis adalah listrik yang muatannya bergerak. Sebagai contoh listrik PLN yang sering kita gunakan. Sedangkan Listrik statis adalah listrik yang muatannya diam dan bersifat sementara, misalnya petir. Telah kita ketahui energy listrik yang tersimpan dalam petir sangat besar. Buktinya petir dapat membakar pohon yang besar. Yang menjadi pemikiran saya, pada saat musim penghujan dan terdapat banyak petir, mengapa kita tidak memamfaatkan petir tersebut untuk pembangkit listrik? Tentunya bisakan? Hanya saja masalahnya datangnya petir itu jarang sekali dan hanya pada musim hujan.
Sampai jumpa di tulisan saya yang selanjutnya. Salam manis dari saya. Tak ada gading yang tak retak. Begitu juga dengan tulisan saya ini. Mohon kritik dan saran yang membangun. Dan terima kasih telah membaca tulisan dari saya.

0 komentar:

Posting Komentar